Cara Memelihara Domba – 5 Hal yang Perlu Dipertimbangkan dan Yang Perlu Diketahui Saat Memelihara Domba

Sebelum seseorang dapat mulai beternak domba, pertama-tama mereka harus tahu untuk tujuan apa mereka beternak domba. Apakah itu untuk wol? Daging? Susu? Kebanyakan peternak hanya memilih satu karena breed tertentu sering berspesialisasi dalam penggunaannya. Meskipun ada ras yang baik untuk tujuan ganda atau

persilangan, mereka seringkali tidak menghasilkan wol, daging, atau susu terbaik dari jenisnya. Seorang peternak domba pemula yang belajar beternak domba juga harus siap menghadapi banyak kesulitan yang akan ia alami. Seiring bertambahnya pengalaman seorang petani, beternak domba akan menjadi lebih mudah dan lebih memulai bisnis peternakan domba mudah diatur.

5 Hal yang perlu diperhatikan saat belajar beternak domba:

Tanah – berapa banyak tanah yang tersedia untuk Anda? Sebagai aturan umum, satu acre cocok untuk sekitar 3-5 domba atau domba betina.

Tempat berteduh – lumbung yang dapat menampung kawanan Anda untuk melindunginya dari hawa dingin di musim dingin atau panas ekstrem di musim kemarau. Petani disarankan untuk menyisihkan rata-rata 15 kaki persegi per ekor domba.

Pasar – bagaimana Anda berencana untuk menjual produk Anda? Apakah Anda sudah memiliki pembeli atau apakah Anda berencana untuk memanfaatkan koperasi? Penting bagi Anda untuk mengetahui pasar Anda dan mempelajari bagaimana Anda dapat memperoleh dan meningkatkan potensi pasar Anda.

Mesin, peralatan, tenaga kerja – ini adalah hal-hal yang Anda butuhkan untuk memelihara dan memelihara kawanan domba Anda. Sebagai permulaan, Anda membutuhkan peralatan pagar, pembersihan, penandaan, dan geser. Anda akan membutuhkan tangan gudang jika kawanan Anda lebih besar dari yang dapat Anda kelola. Anda juga membutuhkan penjaga atau anjing gembala jika Anda akan membiarkan kawanan Anda merumput di lahan terbuka.

Modal – Anda tidak dapat mulai beternak domba jika Anda tidak memiliki modal yang diperlukan untuk membeli peralatan, dan domba yang diperlukan untuk memulai kawanan.

Anda juga perlu mempelajari gaya manajemen kawanan jika Anda ingin mempelajari cara memelihara domba. Ada 4 gaya manajemen kawanan. Kawanan ternak, kawanan ternak, kawanan khusus, kawanan hobi. Kawanan domba

range band adalah untuk mereka yang memiliki banyak domba (biasanya 1.000-1.500 domba betina) dipelihara di padang rumput baik di lahan terbuka atau berpagar dengan areal yang luas. Karena jumlah domba yang banyak, kawanan domba band range hanya hidup di padang rumput saja, karena secara ekonomi tidak layak untuk

menghabiskan makanan tambahan atau jerami untuk domba. Kawanan domba peternakan adalah kelompok domba yang lebih kecil yang dipelihara di area yang lebih kecil daripada kawanan domba kisaran. Ini lebih mudah diatur jual domba murah area boyolali, semarang 

dan pemberian makan dapat dilengkapi dengan jerami dan biji-bijian lainnya. Kawanan hoby dimulai oleh penghobi atau oleh petani yang ingin memelihara breed yang perlahan-lahan mati. Kawanan hobi juga dapat mulai menyediakan produk khusus seperti wol untuk pemintal tangan. Mereka yang mulai belajar bagaimana beternak domba sering kali memulai dengan hobby flock sebelum berkembang menjadi flock size.

Leave a Comment