APAKAH DIPERLUKAN KENDARAAN MEMBISTERFEKSI?

Wabah virus corona memicu lonjakan penggunaan disinfektan yang diyakini efektif membasmi kuman dan virus. Disinfektan digunakan untuk membersihkan jalan, rumah, dan bahkan mobil. Sementara agen disinfektan cepat menguap saat digunakan di lingkungan terbuka, seberapa efektifkah mereka untuk kendaraan kita?
Kita tahu bahwa mobil dan sepeda motor kita mungkin menampung kuman, bakteri, dan virus. Karena kebersihan menjadi sangat penting dalam krisis kesehatan, kita selalu diingatkan untuk menjaga kebersihan permukaan, karena tangan kita dapat menjadi sumber infeksi virus. Mereka termasuk gagang pintu, pengapian, transmisi, dan seluruh area dasbor termasuk tombol. Dalam sepeda motor, sangat penting untuk memastikan setang dibersihkan secara teratur.
Namun tidak hanya apa yang harus dibersihkan, Anda juga perlu mengetahui dengan apa membersihkannya. Mengingat disinfektan rumah tangga biasanya mengandung klorida yang merupakan bahan korosif pada logam, pemilik kendaraan juga dapat membuat agen disinfektan sendiri. Namun, pastikan bahwa itu mengandung 70 persen alkohol – seperti halnya antiseptik.
Disinfektan buatan sendiri biasanya ideal. Seluruh permukaan interior mobil bisa dibersihkan menggunakan alkohol isopropil. Bahan ini, bagaimanapun, bisa merusak jika digunakan terlalu sering pada kulit, jadi berhati-hatilah dengan frekuensi pemakaian.
Bahan lain yang harus dihindari adalah hidrogen peroksida yang dikenal sebagai bahan aktif pemutih. Meskipun dapat membunuh virus corona, hal itu juga dapat membahayakan jok mobil Anda. Selain itu, Anda tidak ingin menggunakan amoniak untuk membersihkan fitur layar sentuh mobil karena dapat merusak sensitivitas layar.
Lantas, bahan apa yang paling aman digunakan baik untuk mobil maupun motor? Jawaban pertama adalah perlengkapan pembersih yang direkomendasikan untuk kendaraan. Jika sulit dijangkau, Anda selalu dapat mengandalkan air dan larutan bayi atau sabun antiseptik yang mengandung pH yang tepat, karena sabun aman untuk sebagian besar bahan – termasuk kulit dan sarung jok. Tuang larutan ke dalam botol semprot, dan Anda siap melakukannya.
Jangan menyemprot terlalu banyak agar mudah dikeringkan dan gunakan kain mikrofiber jika Anda punya. Bahan microfiber sangat lembut dan dapat menangkap serta menjauhkan partikel debu tanpa menyebabkan goresan halus.
Lakukan teknik serupa untuk sepeda motor Anda. Disinfeksi kendaraan untuk mematikan virus kemudian segera cuci dengan air untuk menghindari kerusakan pada cat dan logam.
Dan, jangan lupa juga untuk menjaga kebersihan tangan Anda. Mobil dan sepeda motor yang didesinfeksi dapat menarik virus kembali dan segera jika Anda lupa mencuci tangan. Padahal, mencuci tangan tetap direkomendasikan sebagai cara terbaik mencegah infeksi virus corona.

Jika Anda membutuhkan jasa profesional penyemprot disinfektan untuk membunuh virus berbahaya seperti Corona, segera hubungi jasa disinfektan surabaya yang sangat bisa di andalkan membunuh virus.

Leave a Comment